My first Online Experience “Djogjakarta”

21 Jul 2009

Pengalaman pertama dengan dunia On-line, Rasanya? Pengalaman??? Gak juga waktu itu. Waktu tepatnya lupa kapan yang inget sih masih SMU. Saat itu untuk bermainan internetan, rental komputer saja masih jarang beda sama saat ini, warnet bagaikan rumput di musim hujan saja. Untuk istilah-istilah internet saja masih asing ditelinga ini, chatting, Browsing, email dll.

Saat ada ujian Nasional SMU buat kelas 3 waktu itu diajak temen main ke Lab komputer sekolah dia. melihat dia ketik sana ketik sini, ketawa ga jelas cuma bisa ngeliatin saja tanpa tau apa-apa. Mau ikut-ikut gak tau mo gimana dan lagian itu bukan sekolahanku. Akhirnya jam demi jam cuma aku lalui dengan bengong diri sampai tiba-tiba dia “bilang wah severnya dimatikan”. Dalam pikiranku apa lagi nih sever nih. istilah-istilah asing semua nih pikirku. Kutahan malu dengan bertanya tentang kejadian tadi akhirnya dia menjelaskan kalo dia tadi lagi chatting.

Itu sih cuma mengenal aja bukan mencoba sendiri. Ya memang itu baru awal tau internet, untuk mencoba serba gak mungkin. Untuk ke warnet saja jauh (makhlum orang desa ‘n warnetnya adanya juga di kota), biaya juga mahal. intinya keinginan untuk berinternet sementara waktu ditunda gitu.

Hingga saat kuliah kebutuhan akan internet gak bisa ditunda2 lagi. Tugas semakin banyak dan butuh materi tambahan dari dunia maya ini. Mau gak mau ya harus mau, ya iyalah pilihannya juga cuma itu saja. Suatu tugas pernah merepotkan aku, masak materi tugas suruh ngumpulin lewat email!!!! Yang bener saja, email aja belum terlalu ngerti pa lagi punya. Buat ngumpulin tugas akhirnya aku ajak temen ke warnet deket kampus (beda ma sekarang kampus sudah menyediakan Wifi ‘n komputer buat ngenet dengan free). Awalnya sih bilang minta ditemenin ke warnetnya aja tapi setelah didalam warnet todongannya jadi berbeda. Tolong dong buatin e-mail ‘n ajarin makenya?? Rasanya malu banget nih, ditambah lagi dia pake senyum2 nyindir gitu.

“Kirain mo nyari bahan, gak taunya malah suruh bikinin e-mail”, kata temenku. Masak bodo mo dihina apapun aku terima pikirku saat itu. Yang penting aku bisa buat email ‘n bisa ngirim tugasnya. Akhirnya aku dibuatin email di Plasa.com. Berhubung waktu deadline tugas sudah mepet ‘n gak banyak waktu buat ngajarin ber E-mail ria tugas kuserahkan semua aja ke dia buat dikirimkan.

Jadi penasaran ma email akhirnya, buat memuaskan hati ini aku pergi ke warnet ber3. Critanya aku minta diajarin menggunakan internet. Awalnya aku disuruh buka Google tapi tetep aja aku susah mahaminya. Tapi ga apa2 nanti pasti bisa deh. Aku lihat temenku selain ngajari aku internetan dia kayak SMS pake komputer. kutanyain saja “apa itu? ternyata itu yang dinamakan chatting. Sekalian malunya skalian minta diajarin chating aja, buat chatting YM gitu gimana? Katanya harus ada Email ma program YM. hem… Aku dah ada Email nih di plasa. Ternyata dan ternyata gak bisa pake email di plasa.

Buat deh email di Yahoo.com itu pun juga bingung buatnya. Gimana gak bingung la email yang kemaren saja yang buatin temen juga. Setelah lancar YM dengan Yahoo.com dan browsing. Tiap kali membuka situs, ada macam2 theme. Jadi tertarik membuat web pribadi, cari petunjuk kesana kemari lewat Google dapat deh tempat bikin blog di wordpress, Jadi domain kotayogyakarta.wordpress.com.

Saat buka detik di awal 2007 kemaren ada yang menarik pandanganku di kanan bawah ada blogstart. Iseng punya iseng coba kubuat blog di detik dengan domain djogjakarta. Detik telah memikat hatiku mungkin tuk selamanya. selamat Ulang Tahun ke-11 DetikCom


TAGS ulang tahun ke-11 detikcom


-

Author

Follow Me


Archive