Monitor

12 Mar 2009

Monitor…….

Mendengar Kata Monitor apa yang ada dibenak kita?

Coba tanyakan paman google sebentar ya …… daripada salah jelasinnya deh

Tampilan komputer atau monitor komputer adalah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi menampilkan proses dari sebuah set komputer. Untuk saat ini monitor komputer terdiri dari beberapa jenis, di antaranya:

monitor1 monitor2

  • monitor tabung layar cembung

Versi paling awal CRT adalah sebuah dioda katoda-dingin, sebuah modifikasi dari tabung Crookes (lihat sinar-X) dengan layar dilapisi fosfor, kadangkala dipanggil tabung Braun. Versi pertama yang menggunakan kathoda panas dikembangkan oleh J.B. Johnson (yang merupakan asal istilah noise Johnson) dan H.W. Weinhart dari Western Electric dan menjadi produk komersial pada 1922.

  • monitor LCD

Tampilan Kristal Cair (bahasa Inggris: Liquid Crystal Display) juga dikenal sebagai LCD adalah suatu jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama. LCD sudah digunakan di berbagai bidang misalnya dalam alat-alat elektronik seperti televisi, kalkulator ataupun layar komputer.

Pada LCD berwarna semacam monitor terdapat banyak sekali titik cahaya (pixel) yang terdiri dari satu buah kristal cair sebagai sebuah titik cahaya. Walau disebut sebagai titik cahaya, namun kristal cair ini tidak memancarkan cahaya sendiri. Sumber cahaya di dalam sebuah perangkat LCD adalah lampu neon berwarna putih di bagian belakang susunan kristal cair tadi.

Titik cahaya yang jumlahnya puluhan ribu bahkan jutaan inilah yang membentuk tampilan citra. Kutub kristal cair yang dilewati arus listrik akan berubah karena pengaruh polarisasi medan magnetik yang timbul dan oleh karenanya akan hanya membiarkan beberapa warna diteruskan sedangkan warna lainnya tersaring.

  • monitor plasma

Tampilan plasma adalah sebuah tampilan layar datar emisif di mana cahaya dihasilkan oleh phosphor yang tereksitasi oleh sebuah pelepasan muatan plasma antara dua layar datar gelas. Gas yang dilepas muatannya tidak mengandung merkuri (berlawanan dengan AMLCD); sebuah campuran gas mulia (neon dan xenon) digunakan. Campuran gas ini sulit bereaksi dan sama sekali tidak berbahaya.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Tampilan_komputer


Monitor adalah suatu tipe data abstrak yang dapat mengatur aktivitas serta penggunaan resource oleh beberapa thread. Ide monitor pertama kali diperkenalkan oleh C.A.R Hoare dan Per Brinch-Hansen pada awal 1970-an.

Monitor terdiri atas data-data private dengan fungsi-fungsi public yang dapat mengakses data-data tersebut. Method-methodmethod yang dapat bekerja pada suatu saat. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar semua operasi dalam monitor bersifat mutual exclusion. dalam suatu monitor sudah dirancang sedemikian rupa agar hanya ada satu buah

Monitor dapat dianalogikan sebagai sebuah bangunan dengan tiga buah ruangan yaitu satu buah ruangan kontrol, satu buah ruang-tunggu-masuk, satu buah ruang-tunggu-dalam. Ketika suatu thread memasuki monitor, ia memasuki ruang-tunggu-masuk (enter). Ketika gilirannya tiba, thread memasuki ruang kontrol (acquire), di sini thread menyelesaikan tugasnya dengan shared resource yang berada di ruang kontrol (owning). Jika tugas thread tersebut belum selesai tetapi alokasi waktu untuknya sudah habis atau thread tersebut menunggu pekerjaan thread lain selesai, thread melepaskan kendali atas monitor (release) dan dipindahkan ke ruang-tunggu-dalam (waiting queue). Ketika gilirannya tiba kembali, thread memasuki ruang kontrol lagi (acquire). Jika tugasnya selesai, ia keluar dari monitor (release and exit).

Sumber http://bebas.vlsm.org/v06/Kuliah/SistemOperasi/BUKU/SistemOperasi-4.X-1/ch20s05.html

Nah lho bingung juga baca keterangan tentang Monitor di atas, Aku aja juga puseng. Bukan pusing baca artikelnya itu. Soalnya belum baca mendalam juga sih. Dasar…….

Aku pusing karena sudah beberapa hari ini monitorku semakin hari semakin redup, akhir-akhirnya ga keliatan gambarnya. m4

Wah daripada pusing mikirin monitor itu aku bawa saja ke tukang service deh….. Entah diapain aku lagi malas saja ikutan bongkar nih barang. Aku serahkan aja ma dia buat di bongkar-bongkar deh.

m6

Setelah di operasi nih monitor ketahuan deh IC memori, semacam otak dalam monitor yang berfungsi untuk menyimpan perintah perintah kerja monitor ternyata mati. Yah….. Pasti susah deh nyari barang penggantinya.

m12

Analisa dan analisa akhirnya dapat juga tuh barang yang dicari-cari. tapi akhirnya timbul masalah lagi nih. itu kata tukang servicenya lho. Aku tanyakan apa masalahnya? Merk monitor ini termasuk langka katanya, memori yang dibeli masih dalam keadaan kosong, programnya belum punya kata-kata tukang servicentya.

monitor3m5

Ada temen ga yang punya monitor sama, tar biar aku copy dari sana aja, lanjutnya kemudian.

Wah siapa ya, setelah banyak jalan2 mikir akhirnya dapat cewek ide buat ambil monitor temen.

Akhirnya bisa nyala juga nih monitor……

Lega deh rasanya.


TAGS Monitor rusak service


-

Author

Follow Me


Archive