Dimanakah posisi Ancolnya Jogja

2 Mar 2009

ujung selokan mataram (ancolnya jogja)

Tanggal 17 jauari kemaren aku jalan-jalan sambil praktek pengelolaan air

kemana? yah, aku kemarin pergi ke Ancol yang menjadi perbatasan magelang dengan Yogyakarta. Daerah itu merupakan daerah aliran sungai dan bersejarah.

Nah, untuk sejarahnya aku kumpulin data dahulu.. tapi fotonya, silahkan di klik

tepatnya daerah Bligo, Magelang. Perbatasan Yogya dan Magelang.
kalo mw dateng, silahkan diurut tuh selokan mataram ke barat mpe mentok.

temuan baru bendungan gg lll

mandi hh tt

Sebagai orang Jogja merasa penasaran akan tempat tersebut, kucoba telusuri selokan mataram dari Sekitaran UGM. Dengan banyak perjuangan aku telusuri nih selokan mataram hingga daerah perbatasan yogya magelang. tetapi daerah yang aku cari tidaklah ketemu. kali ini aku coba melengkapi data2 dari internet. aku dapatkan sebagai berikut ini:

Artikel ini saya ambil dari badungbeti dengan editing dari saya. Ancol Bligo bukanlah Taman Impian Jaya Ancol, tetapi sebuah obyek wisata yang terletak di Desa Bligo, Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang. Lokasinya di Baran, Sendangagung, Minggir, Sleman. Berkunjung ke Ancol Bligo, menikmati pemandangan alam di sana, makan siang pake bebek yang dibeli di Pasar Balangan, dan mandi air bersih pancuran.

Obyek wisata Ancol Bligo. Pemerintah Jepang pada masa pemerintahan 1942-1945 membangun sebuah proyek irigasi yang dikenal dengan “Kanal Yoshiro” atau “Selokan Mataram”. Menurut sejarah, atas hasil kesepakatan Pemerintah Jepang dan Sri Sultan Hamengku Buwono IX, sebagian besar warga Yogyakarta bekerja untuk pembuatan saluran irigasi tersebut sehingga mereka tidak dikirim ke luar Pulau Jawa sebagai tenaga Romusha. Proyek irigasi ini diperuntukkan bagi pengairan sawah-sawah di daerah Yogyakarta, di mana manfaatnya dapat dirasakan sampai sekarang.

Aliran air saluran irigasi diperoleh dengan cara membendung Kali Progo di Desa Bligo dan mengalirkannya ke saluran irigasi yang melintasi Yogyakarta dan berakhir di Kali Opak. Kali Progo memiliki mata air di hutan lereng Gunung Merapi yang selain mengalir ke Selokan Mataram juga mengalir ke laut selatan membatasi wilayah Kabupaten Sleman dan Kabupaten Kulon Progo. Kalau tidak salah, bendungan ini juga mengalirkan air ke Saluran Van der Wijck yang dibangun oleh Pemerintah Belanda pada tahun 1914 untuk mengairi persawahan dan perkebunan di daerah Moyudan, Kabupaten Bantul yang waktu itu merupakan daerah industri perkebunan gula.

Saat ini, Ancol Bligo menjadi obyek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan khususnya pada hari-hari libur. Selain melihat bendungan Selokan Mataram, pengunjung dapat menikmati suasana alam daerah bendungan yang sangat indah. Pemerintah Kabupaten Magelang menyediakan area bermain bagi anak sehingga menjadikan anak-anak lebih kerasan bermain di obyek wisata ini. Meskipun di musim kemarau di bawah bendungan cenderung mengering seperti terlihat di dalam foto artikel ini, namun sebaiknya tidak bermain di bawah bendungan tersebut karena sewaktu-waktu Kali Progo dapat dilalui air bah.

Jika Anda berminat berkunjung ke obyek wisata Ancol Bligo, Anda dapat menempuh jalur Magelang - Muntilan - Ngluwar - Ancol Bligo atau Sleman - Tempel - Sendangrejo - Ancol Bligo atau Yogyakarta - Jombor - Balangan - Sendangrejo - Ancol Bligo atau Yogyakarta - Godean - Gedongan - Balangan - Sendangrejo - Ancol Bligo atau jalur lain yang Anda tahu. Selamat berwisata di obyek wisata Ancol Bligo.

Semoga laien kali bisa ketemu, kalo dari deskripsi tempat di atas kemaren aku sudah mendekati lokasinya, tinggal ke barat sedikit. Ya mungkin aku ketinggalan info tapi ga palah daripada tidak tahu sama sekali.

Untuk tampilan Map

Lokasi Obyek:

  • Di Desa Banjarroyo kecamatan Kalibawang, berjarak kurang lebih 37 km dari Yogyakarta dan kurang lebih 40 km dari Kota Wates.
  • Di Desa Bligo, Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang.
  • Di Baran, Sendangagung, Minggir, Sleman.
  • Bligo, Magelang. Perbatasan Yogya dan Magelang.

Lokasi yang bener yang mana tunggu liputan selanjutnya


TAGS Djogjakarta sleman pantai ancol kulonprogo magelang selokan mataram Bligo kalibawang ngluwar


-

Author

Follow Me


Archive