Plengkung Gading

10 Feb 2009

Secara fisik Plengkung Gading tidak mengalami perubahan sama sekali. Namun jika dilihat pada lingkungan sekitar jelas mengalami perubahan yang sangat mencolok. Coba amati kedua foto tersebut, satu foto diambil tahun 1900 sedangkan satunnya diambil tahun 2009.

Pada foto lama terlihat ada semacam jembatan di depan Plengkung Gading, pada sejarahnya terdapat parit yang mengelilingi benteng keraton. Parit merupakan hal yang selalu ada pada perkembangan benteng masa lalu karena merupakan bagian dari sistem pertahanan.

Saat ini parit sudah tidak nampak lagi, yang nampak bangunan-bangunan yang menutupi benteng.

Plengkung Gading merupakan satu dari lima plengkung yang merupakan pintu masuk ke kawasan jeron beteng.

1. Nama asli dari Plengkung Gading adalah Plengkung Nirbaya. Terletak di selatan alun-alun selatan keraton jogja. Dalam sistem tata kota keraton pada masa lalu, plengkung ini digunakan untuk pintu keluar jenazah sultan yang mangkat. Konon, selam masih hidup, sultan tidak diperbolehkan melewati Plengkung Nirbaya ini.

2. Plengkung Tarunasura terletak disebelah timur alun-alun utara, dikenal dengan Plengkung Wijilan.

3. Plengkung Madyasura terletak di sebelah timut yang ditutup pada 23 juni 1812 untuk menghindari serbuan pasukan musuh. Karena ditutup disebut Plengkung Buntet.

4. Plengkung Jagabaya terletak disebelah barat, oleh masyarakat sekarang disebut Plengkung Tamansari.

5. Plengkung Jagasurya, terletak disebelah barat alun-alun utara.

Dari kelima Plengkung tersebut yang sampai sekarang masih bisa dilihat aslinya adalah Plengkung Gading dan Plengkung Wijilan. Plengkung Madyasura dibongkar pada masa pemerintahan sultan Hamengku Bowono VIII dan digantikan gapuraa gerbang biasa. Plengkung Jagabaya juga telah di ganti gerbang biasa. Pada Plengkung Jagasura hanya tinggal bentuk gerbang gapura saja.

Plengkung dibangun bersamaan denganbeteng Baluwerti yang mengelilingi keraton dan dibangun atas prakarsa Pangeran Adipati Anom, putra mahkota Sultan HB I pada tahun 1785 sebagai reaksi pembangunan benteng Vredeburg oleh belanda.

Ditulis ulang dari sumber:

Harian Jogja tanggal 31 Januari 2009


TAGS Yogyakarta keraton Plengkung Gading Benteng


-

Author

Follow Me


Archive