Perjalanan Diriq

4 Feb 2009

Gue lahir dari rahim ibu tersayang di bulan 22 Juli Tahun 198*.

Terlahir di Perdesaan yang terpencil yang mempunyai candi yang menjulang tinggi, aku sanggat bangga akan Daerahku itu, walaupun letaknya tidak dikota, hanyalah suatu desa yang terpencil tetapi kaya akan kesejukan.

Perjalanan pendidikan

  • Usia 5 Tahun aku baru bisa masuk TK Pertiwi sebelah kantor kecamatan.
  • Setelah mengenyam TK selama 2 tahun, Tepatnya usia 7 Tahun aku mulai memasuki SD yang lokasinya tidak jauh dari TK tersebut. Keseharian aku tempuh dengan berjalan kaki selama 6 Tahun untuk menyelesaikan pendidikan SD dengan harapan bisa mengakat derajat orang tua tercinta. Di Tahun 1993 akhirnya bisa lulus SD N 1 Prambanan dengan nilai yang memuaskan.
  • Dengan mengantongi harapan mendapatkan sekolah di Yogyakarta aku melanjutkan sekolah di SLTPN I Prambanan yang berada diwilayah Yogyakarta, Hari2 aku lalui selama 3 Tahun. Tiap Pagi dengan bersemangat kukayuh sepeda buntut menuju sekolah tercita. Masa2 SMP aku lalui selama 3 tahun dengan banyak suka dan duka. Tetapi harapan tuk mengangkat derajat orang tua tetap melekat dalam diri ini. Dengan di dampingi sepeda buntut yang selalu setia menemani setiap harinya untuk menyelesaikan pendidikan ini. Syukur alkhamdulillah Tahun 1996 akhirnya lulus juga. SLTP N 1 Prambanan=> 1993-1996
  • Dengan mengharapkan cita2 yang besar tahun 1996 aku mendaftar di STM Jetis 2 bidang studi elektronika, saat itu hanya ada 1 pilihan ya mau ga mau dengan aturan tersebut aku ikuti aja, saat pengumuman posisi aku cadangan no 2.
  • Dengan semangat ingin meneruskan sekolah akhirnya aku cabut fomulir pendaftaran aku pindah ke SMU N 1 Prambanan, Klaten tetapi apa yang terjadi, sesampainya di lokasi sudah penutupan, penutupan baru saja 5 menit berlalu. Akhirnya ada keinginan untuk meneruskan di Swasta tapi apa daya, tidak ada biaya dan ya sudahlah….. Cuti Sekolah akhirnya selama tahun 1996/1997.
  • Saat2 cuti ada2 saja, salah satunya guru SMU tersebut yang ingin menjadikan dirinya Calo untuk memasukan aku tahun berikutnya, ya tahun berikutnya percuma saja donk…… apalagi harus bayar ke dia 300 ribu. Saat itu uang segitu lumayan besar juga dan lagi kalo masuk tahun berikutnya aku pake seleksi nilai aja. dan Dengan Semangat aku buang rasa malu aku daftarkan diri di SMUN 1 Prambanan- Yogyakarta.
  • Saat cuti sekolah aku mencoba kerja apa adanya, bermodal Ijazah SMP aku kerja menjadi tukang kebun, Ikut di tambal ban, kerja jadi kuli bangunan selain itu aku tetap merintis berternak puyuh. apa saja yang penting halal. satu tahun kemudian …….
  • Dengan membuang jauh-jauh rasa malu aku jalani masa2 SMU selama 3 Tahun. Saat kelas 3 aku pilih IPA.
  • Mungkin teman2 heran kenapa aku malu, ya terus terang saja kakak angkatan rata2 temen di masa SMP dan SD. Ya, aku tetap semangat dengan hanya ditemani sepeda buntutaku ingin menyelaesaikan pendidikan ini. Hari2 aku lalui dengan berat, selain sekolah aku juga berternak puyuh untuk biaya sekolah. Dengan dibantu para guru aku diajukan untuk mendapatkan beasiswa. Saat kelas 2 aku mendapakan beasiswa, ya bisa dikatakan cukup untuk membayar SPP dan membeli buku2 pelajaran. Tahun 2000 Aku menamatkan SMU Jurusan IPA di SMUN 1 Prambanan Sleman =>1997-2000
  • Tidak sampai sini saja, aku berkeinginan kuliah tetapi lagi2 masalah biaya….. ya begitulah nasif, Biaya pendidikan itu mahal. tetapi aku cukup bangga terhadap orang tuaku yang dengan ikhasnya membiayai aku hingga lulus SMU. selama 1 tahun aku ikut kerja orang, kerja sembarangan, kerjaan-kerjaan kasar semua. sampai suatu hari aku membaca koran da info kuliah D3 di Mipa UGM, dengan berembung dengan Orang tua akhirnya aku di ijinkan kuliah, entah dari mana orang tuaku mencarikan aku biaya buat kuliah.
  • Tahun 2001 aku resmi jadi mahasiswa D3 Elektronika & Instrumentasi di FMIPA UGM. Ada rasa bangga dan kasian sama orang tua. Hari demi hari aku lewatkan, berternak juga masih aku jalankan, sedikit banyak bisa buat nambah2 keseharian. akhirnya kena imbas juga gara2 krisis tahun 1998, ternak yang aku bina dari SMP hingga saat itu harus gulung tikar tahun 200an. Ada rasa sedih juga dihatiku. tetapi aku tetap semangat buat melanjutkan kuliah, ya mungkin aku termasuk beruntung beasiswa aku dapatkan juga. Beruntung aku bisa mendapatkan beasiswa PPA yang sangat membantu sekali meringankan beban orang tua buat biaya aku kuliah  hingga aku menamatkan kuliah. Akademi D3 Elektronika & Instrumentasi, UGM => tahun 2001-2004 ==>IPK 3.20
  • Dengan Harapan bisa mendapatkan kerja yang lebih baik aku Nyambi jadi Asisten laboratorium di kampus =>2004-2006, ya selama 2 tahun aku menjadi asisten laboran tidak ada perkembangan dan terjadinya Gempa bumi yang merusakan rumahku, aku berniat kerja yang lebih baik. Ada tawaran teman untuk ikut pelatihan gratis dari DIKTI, aku ikuti pelatihan jaringan komputer tersebut selama 3 bulan termasuk magang di instansi.
  • Pelatihan Networking oleh dikti tahun 2006.
  • Setelah pelatihan aku melamar kerja di ****** dengan posisi Asisten TI di Instansi dengan kontrak per tahun, ya aku diterima kerja. kontrak sampe 2009. Update Hingga 2012 ini masih.
  • Yang ada dipikiran aku ingin kerja dan dari hasil kerja itu aku ingin memperbaiki rumah.

Mulai tahun 2006 gue mulai hidup sendiri, berpisah dengan orang tua. Awalnya gue ikut dengan kakak sepupu. Walaupun tinggal dengan saudara gue mencoba untuk biaya hidup sendiri. Sejak 2007 akhir gue tinggal di kontrakan bersama adik gue. mencoba ganasnya kehidupan yang berat.

Gue sekarang masih Kerja kontrak (2009), walau gaji tidak terlalu besar tapi tetep bersyukur karna bisa buat keseharian. Harapan untuk mengabdikan lebih lanjut di Instansi **** tetap ada, walaupun kontrak sudah akan berakhir tahun ini, tetapi harapan untuk menjadi karyawan tetap selalu muncul dalam diri ini. semoga saja ………

Gue sekarang ingin kuliah lagi, menambah ilmu buat modal kerja tapi sekali lagi masalah biaya menjadi faktor utama. Biaya hanya dari uang gaji, sedangkan gaji aja juga pas-pasan tapi aku berniat ingin kuliah. Ya semoga saja niatku ini bisa terlaksana. Amien.

Gue daftar kuliah di sebuah kampus swasta di Yogyakarta ini dengan biaya sendiri dari uang gaji, harapanku semoga saja bisa lulus cepat dan ilmu kuliahku dapat mendukung kerjaan.

Update 29 nov 2012 : Akhirnya di Bulan Oktober 2012 ini bisa Lulus dengan predikat Kumlout IPK 3.60, alhamdulillah. Walaupun perjalanan kuliahku tidak semuanya mulus, di pertengahan kuliahku Ayah sempat mengalami sakit yang mengharuskan operasi. Operasi Ayah sampai 6 kali setidaknya (tepatnya aku lupa). hingga hampir 2 tahun ini Ayah meninggalkan aku. Belum sempat aq menunjukan hasil, ya semoga Ayah bisa tenang disana.


TAGS 16291


-

Author

Follow Me


Archive