Trik Share Fastnet

15 Nov 2008

Koneksi internet fastnet sebenarnya diberikan untuk pemakaian personal dan hanya bisa digunakan disatu komputer (pemasangan pertama). Proteksi dilakukan berdasarkan MAC Address. MAC Media Access Control adalah address unik yang ada di dalam ethernet card.Untuk melihat MAC bisa menggunakan command prompt (cmd.exe) dengan menggunakan perintah ipconfig /all sehinga akan menampilkan Physical Address.

cmd1.jpg

Agar semua komputer yang akan kita share bisa terkoneksi ke internet dengan fastnet kita harus menyamakan MAC tiap-tiap komputer ganti ethernet card yang digunkan saja agar sama dengan MAC komputer yang terkoneksi (terdaftar) pertama. Rubah MAC , untuk merubahnya saya menggunakan aplikasi K-MAC. K-MAC bisa di download disini

Contoh untuk sharing ke dua komputer dengan 1 modem tanpa membeli perangkat lain untuk share.

disini menggunakan modem Motorola SB5101

motorola.gif

* USB di collokan ke PC1/notebook (default/ yang terkoneksi)
* Ethernet di collokkan ke PC2

PC1 adalah PC yang MACnya yang di kenal oleh fastnet, lihat Physical Address pada PC1 menggunakan command prompt, buka PC2 dan lihat lihat Physical Address (beda dengan PC1) rubah MAC pada PC2 dengan K-MAC (samakan dengan address pada PC1) masukkan MAC baru pada kolom New MAC >> Apply >> Exit.

k-mac.jpg

Setelah itu disable Network Connection dan enable kan lagi.. cek lagi MAC address PC2 (Physical Address) menggunakan command prompt, jika sudah sama antara PC1 dan PC2 maka koneksi antara kedua PC menggunakan fastnet sudah bisa di lakukan.


TAGS Teknologi dan Informasi


-

Author

Follow Me


Archive