Jalan-Jalan ke Pantai

8 Aug 2008

Jalan-jalan telusuri keindahan pantai. Aku bersama rekan-rekan jalan-jalan menelusuri pantai yamg ada di Gunung kidul.
Banyak keindahan alam yang dapat di nikmati, walau perjalanan menuju kesana sangatlah berat. Medan yang dilalui sungguh menegangkan. Berangkat dari bantul sekitar pukul 08.00 WIB rombongan menuju Imogiri, jalur yang dilalui melewati daerah Dlingo yang kultur alamnya sangat pegunungan yang beliku-liku. Menanjak dan turunan yang sangat tajam, kami harus waspada bukan cuma turunan saja tetapi turunan yang menikuk entah belok kanan atau kiri berikutnya tanjakan kembali.
tetapi kami senang alam masih asli, masih banyak pohon-pohonan, kami beristirahat sebentar di jembatan kali Oyo, Jembatan yang menghubungkan Kab. Bantul dengan Kab. Gunung kidul.

xoyoSetelah melewati Jembatan kali oyo kami masih mengalami medan yang menanjak menuju Gunung kidul, Pantai pertama tujuan kami adalah pantai Sadeng.

sadengPantai Sadeng luas dan ombaknya tidak terlalu kencang, sangat nyaman buat bersantai-santai, dan lagi ada karang yang bisa buat duduk-duduk dibawahnya. Selain keindahan pantai di sana ada tempat pelelangan ikan, dimana para nelayan menjual ikannya. Pantai selanjutnya adalah Pantai Ngungap.

ngungapDi Pantai Ngungap kita tidak bisa langsung menyentuh air laut, karena pantai langsung berbatasan dengan karang yang sangat tinggi. tetapi dari pantai ini kita dapat melihat laut yang luas kebiru-biruan. selain pemandangan ini di sini terdapat sarang burung walet yang dilindungi.
w ombo Setelah Pantai Ngungap perjalanan berikutnya adalah Pantai Wedi ombo, Pantai yang luas dengan banyak karang dan bebatuan gunung berapi, mungkin aneh di laut ada batu gunung berapi yang gunungnya sendiri tidak ada. Mungkin ini akan saya bahas kemudian hari.
Setelah puas di Pantai Wedi Ombo kami melanjutkan ke pantai Sundak.

sundakPantai sundak…. saat pertama menginjakkan kaki di pantai ini, haparan pasir putih menyambut kami, pantai yang sangat luas, dataran pantai yang datar, sangat mengasikan untuk bermain air dengan ombak yang tidak begitu kencang dan udara yangn sejuk, berbeda dengan pantai yang lain yang udaranya panas. di pantai Sudak ini sangat nyaman buat liburan keluarga.
Diantara Pantai-pantai yang telah kami lalui tadi hanya satu dua pengunjung saja. mereka malas atau tidak tahu pantai ini. perlu diketahui perjalanan kami tadi langsung menuju ke pantai yang paling timur menuju pantai-pantai di baratnya. Pantai sundak letaknya timur pantai Baron. setelah puas menikmati pantai Sundak perjalanan kami lanjutkan ke pantai Krakal, kemudian Pantai Kukup.

Setibanya di pantai Kukup hari telah menjelang magrib, Setelah magrib kami melanjutkan perjalanan kembali ke Yogyakarta pulang deh kerumah.

Diantara tempat-tempat yang kami kunjungni tersebut ada salah satu yang mengusik mata saya, ya ….. sungai bengawan solo purba

bengawansolopurba. Sungai ini yang dulunya di aliri air menuju pantai sundak, sekarang bisa berada di puncak pegunungan, ya saat ini sudah tidak terairi oleh air lagi, tapi sisa-sisa sungai masih ada. Sangat menakjubkan.

bsolopurba-edit.jpg


TAGS Wisata dan budaya


-

Author

Follow Me


Archive